Panduan Bermain Pokémon GBA Fire Red & Leaf Green


Berikut ini adalah Walkthrough atau Panduan untuk bermain Pokémon GBA Fire Red & Leaf Green. Bagi kamu yang belum punya ROMnya, kamu bisa mendapatkannya di halaman Pokémon Fire Red GBA.
Badge Pertama
1. Setelah keluar rumah pergi ke atas sampai keluar dari kota , lalu prof. Oak akan membawamu ke labnya, di labnya kamu akan disuruh untuk memilih pokemon mu. Akan ada tiga pilihan pokemon dan rivalmu akan memilih pokemon yang menjadi kelemahan pokemonmu. Lalu keluar dari lab dan rivalmu akan menantang duel.
2. Setelah melawannya pergi ke luar kota pallet, lalu pergi ke viridian city. Lalu pergi ke toko/ mart. Disana akan ada orang yang menyuruhmu untuk mengantarkan barang ke prof. Oak. Antarkan barang tersebut ke Prof.Oak lalu, Prof. Oak akan memberimu pokedex. Lalu Masuk ke rumah di atas lab Prof.Oak bicara dengan orang yang ada di sana lalu dia akan memberimu peta.
3. Lalu pergi ke viridian city, terus pergi ke atas lalu akan ada kakek-kakek yang mengajak bicara denganmu. Dia akan mengajarimu tentang menangkap pokemon.
4. Setelah mendapat “teachy tv” dari kakek yang tadi sekarang keluar dari viridian city lewat kiri lalu ke route 22 disini kau akan melawan rivalmu lagi, lalu masuk ke route 2 > viridian forest (di viridian forest anda punya kemungkinan kecil untuk bertemu dengan pikachu). Setelah keluar dari viridian forest anda akan sampai ke pewter city. Lalu lawan gym yang ada disana. Di gym itu specialist batu jadi sangat bagus jika anda membawa pokemon yang punya teknik grass atau fighting.
Badge Kedua
1. Setelah melawan Leader di GYM pertama. Pergi ke Mt. Moon. Dengan cara belok kanan dari pewter city . sebelum masuk ke route 3 akan ada bawahan dari prof. Oak dia akan memberikan kita “running shoe”. Item ini berguna agar kita bisa berlari.
2. Lalu masuk ke Mt. Moon. Untuk peta dari Mt. Moon bisa dilihat disini. Untuk keluar tinggal pilih lubang yang ada di pojok kiri atas lalu ikuti jalan. Di area terakhir anda akan memilih fosil anda hanya bisa memilih 1 fosil. Fosil akan berubah jadi pokemon berikut “dome fosil” = Kabuto untuk “Helix Fosil” = omanyte. Jika dihidupkan nanti di cinnabar island. Untuk membantu memilih ini gambar dari perubahan terakhir dari masing – masing fosil.

3. Setelah keluar dari Mt. Moon. Pergi ke cerulean city sebelah kanan route 4. Lalu lawan GYM yang ada di cerulean city. Di GYM ini pokemon listrik atau tumbuhan(grass) sangat efektif untuk melawan ketua GYM ini.
Badge Ketiga
1. Setelah melawan GYM di cerulean city, keluar dari kota lewat atas rivalmu akan menantangmu setelah itu pergi ke rumah Bill dengan masuk ke route 24 anda akan melawan beberapa trainer. lalu belok kanan dan masuk ke route 25 rumah bill ada di pojok kiri. Bicara ke pokemon yang ada, lalu klik tombol “A(tombol yang digunakan untuk mengajak bicara)” di komputer. lalu anda akan menerima S.S Ticket.
2. Sekarang pergi ke Vermilion city, caranya pergi ke cerulean city masuk rumah yang asalnya di jaga polisi, lalu pergi ke route 5 masuk ke underground path.
3. Setelah sampai di vermilion city masuk ke pokemon fans club lalu tanya kakek-kakek yang ada di sana lalu pillih yes, dia akan memberimu bike voucher. Bike voucher berguna untuk mendapatkan sepeda dengan gratis (voucher di tukar di cerulean city). Lalu masuk S.S. Anne/ perahu yang ada di cerulean city.
4. Di S.S Anne kita tinggal mencari kaptennya. Untuk menemukannya naik ke tangga sebelah kiri, lalu naik tangga yang sebelah kanan, sebelum naik tangga rivalmu akan mengajak duel denganmu. Setelah itu naik ke tangga dan bicara ke kapten. Setelah itu keluar dari kapal lalu pergi ke GYM yang ada di vermilion city untuk masuk ke GYM tinggal pakai HM cut yang ada di TM case. Di GYM itu specialist listrik jadi pokemon tanah sangat efektif melawannya. (untuk puzle gym ini random jadi disarankan memiliki savestate). Di kota ini anda bisa mendapatkan pancingan caranya tinggal masuk ke gedung sebelah kiri tempat mengobati pokemon(pokemon center) lalu tanya orang pilih yes.
Badge Keempat
1. Setelah dari vermilion city masuk ke diglet cave lalu sampai ke route 2, di route 2 akan gedung yang di tengah jalan asuk ke gedung bicara dengan orang yang memakai baju putih dan kacamata dia akan memberimu HM05(FLASH), jika kau sudah punya 10 pokemon.
2. Setelah itu pergi ke rock tunnel dengan melalui route 9 yang ada di sebelah kanan cerulean city. Setelah itu masuk ke rock tunnel pastikan flash digunakan agar terlihat, untuk peta rock tunnel bisa dilihat disini.
3. Setelah keluar kita akan mencapai lavender city, di kota ini kita belum bisa melakukan apa-apa jadi pergi ke celadon city dengan belok kiri dari lavender city lalu, masuk ke rumah kecil di pojok kiri atas. Setelah itu sampai di route 7 ikuti jalan dan akan sampai ke celadon city.
4. Di celadon city kita aka melawan GYM yang ada disana dan mendapatkan badgenya(efektif menggunakan pokemon tipe api atau flying).
Badge Kelima
1. Setelah itu pergi ke game corner di sana akan ada team rocket lawan dia lalu klik “A” pada poster itu. lalu masuk ke tangga itu. untuk peta Rocket Hideout Bisa dilihat disini.
2. Di rocket hideout kita harus mendapatkan lift key terlebih dahulu lift key ada di musuh yang ada di lantai 4. Setelah itu masuk lift lalu pilih B4F. Lalu lawan dua orang yang menghalangi setelah melawan keduanya pintu akan terbuka. Lalu lawan giovanni dia akan memberimu silph scope, benda ini digunakan untuk mendeteksi hantu di Pokemon tower yang ada di lavender city.untuk ke lavender city kita bisa menggunakan jalan biasa atau jalan saffron city yang dijaga. Cara untuk masuk jalan yang dijaga tinggal masuk ke Celadon mansion bicara dengan nenek yang ada di sana kemudian dia akan memberikan “tea” lalu masuk dan penjaganya akan membiarkan kita masuk.
3. Setelah sampai ke lavender city, masuk ke pokemon tower di sana akan ada rivalmu. Di pokemon tower kita tinggal naik terus ke atas, sampai paling atas. Disana akan ada team rocket yang menjaga Mr. Fuji. Setelah melawan team rocket itu, bicara dengan mr.fuji kemudian, dia akan memberikan kita pokuflute. Pokeflute berguna untuk membangunkan Snorlax yang tidur dan menghalangi jalan.
4. Sekarang pergi ke saffron city lalu, lawan GYM yang ada di sana disini lemah oleh bug type pokemon untuk teka-teki saffron gym bisa di lihat di bawah.
Badge Keenam
1. Setelah melawan GYM yang ada di saffron sekarang kita masuk ke silph. Co. Di sini kita harus melawan bossnya/ Giovanni, untuk sampai ke giovanni caranya kita naik tangga sampai lantai 9. Lalu masuk teleport yang ada di paling bawah diantara box orange, lalu belok kanan dan ambil itemnya(card key) . Lalu pilih teleport yang paling atas di lantai 9. Lalu kita akan sampai di lantai 3 lalu, masuk ke teleport yang ada di samping kanan. Setelah itu kita akan melawan rivalmu. Lalu masuk teleport yang bawah kemudian lawan giovanni. Setelah melawannya jangan lupa bicara dengan kakek yang ada disana dia akan memberi master ball , masterball dapat menangkap pokemon 100%/ tanpa gagal.
2. Setelah berhasil melawan silph. Co. Sekarang pergi ke fuchsia city caranya belok kiri dari celadon city bangunkan snorlax dengan poke flute. lalu, lawan snorlax lebih baik ditangkap karena, Cuma ada 2. Setelah lawan snorlax ikuti jalan dari route 16-18, lalu sampai ke fuchsia city. Lalu, lawan GYM yang ada di sana.
Badge Ketujuh
1. Setelah melawan leader di fuchsia city sekarang masuk ke safari zone di kota ini. Di safari zone kita akan mendapatkan 2 HM, yaitu HM04(strength) dan HM03(Surf). Untuk mendapatkan strenght kita harus menemukan gold teeth warden yang berada di area terakhir safari zone disana akan ada item/pokeballnya, untuk surf kita harus masuk gedung di area terakhir dan tanya orang itu untuk peta safari zone bisa dilihat disini. Setelah mendapatkan surf di safari zone dan menemukan gold teeth, pergi ke rumah warden yang berada di sebelah kanan dari pokemon center fuchsia city.
2. Setelah itu pergi ke route 19(di bawah pokemon center fuchsia city). Gunakan surf lalu, ikuti jalan sampai ke seafoam island untuk melalui gua seafoam kita harus menurunkan kedua batu agar menghalangi arus caranya tinggal memasukan batu ke lubang terdekat selama tiga kali(untuk masing-masing batu). Untuk cara gampang menemukan batunya tinggal turun ke lubang batu tersebut.biasanya, batun dan lubangnya berada di dekat kita . Setelah kedua batu tersebut menghalangi arus kita belok kanan, lalu naik tangga sampai ke luar. Lalu ikuti jalan sampai ke cinnabar island di sini anda bisa menghidupkan fosil yang di dapatkan di Mt. Moon. Sekarang lawan GYM yang ada di sana, ternyata GYM tersebut terkunci. Untuk mendapatkan kuncinya kita harus masuk ke pokemon mansion.
3. Untuk mendapatkan kunci di pokemon mansion caranya masuk, lalu naik ke lantai 2, lalu naik ke lantai 3 melalui tangga yang di atas. Lalu, aktifkan tombol(patung) yang di dekat tangga. Lalu, turun melalui lubang dengan terjun dari sebelah kanan. Lalu turun, melalu tangga menuju ruang bawah tanah/ b1f. Di ruangan ini terdapat kunci untuk mendapat GYM. Kunci berada di pojok kiri atas. Cara untuk sampai ke kunci yaitu, matikan tombol terdekat lalu masuk dari pintu yang asalnya tertutup. Lalu, hidupkan lagi tombolnya kemudian pergi ke kiri lalu ambil kuncinya. Setelah itu keluar lalu lawan GYMnya. Setelah melawan GYM ini ada 2 piilihan ke island 1,2 dan 3. (Di island anda bisa mendapatkan moltres(burung legenda))/ langsung melawan GYM kedelapan.
Badge Kedelapan
1. GYM kedelapan ada di viridian city sekarang GYM itu sudah terbuka. Tinggal pergi ke viridian city lalu lawan GYM tersebut. Lalu pergi ke sebelah kiri dari jalan GYM. Lawan elite four, setelah itu tamat. Untuk jalan ke elite four tinggal ikuti jalan.