Cara Mendapatkan Backlink Dofollow Berkualitas Gratis

Cara Mendapatkan backlink dofollow berkualitas gratis dari website atau blog dofollow sangat membantu mendongkrak blog Anda untuk di mata Search Engine dan dapat menaikkan page rangking blog Anda. Karena blog dofollow akan banyak memberikkan link-link ke situs Anda demikian di yakini para ahli seo, jadi sangat bagus untuk perkembangan blog Anda, usahakan berkomentar relevan dan jangan pernah melakukan spammer.
Mendapatkan backlink berkualitas untuk SEO (search egine optimation) adalah hal yang banyak diinginkan para blogger untuk meningkatkan kualitas dari blog atau halaman blog mereka sehingga dapat menempati posisi yang baik di pencarian goole atau search engine, selain menempati posisi pertama di pencarian , dengan memiliki backlink yang berkualitas juga dapat meningkatkan page rank yang diberikan oleh google.

Manfaat Backlink Untuk Blog

Tentu saja banyak diantaranya adalah :

  • Traffik atau visitor organik Meningkat
  • Menaikkan Posisi Di SERP
  • Menurunkan Alexa Rank
  • Meningkatkan Pagerank
  • Meningkatkan Kualitas SEO Blog
  • Membuat Blog Lebih Populer
Bagi anda yang sedang berburu backlink dofollow di bawah ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan backlink dofollow gratis.


Daftar Backlink Berkualitas dan Cara Mendapatkannya



  • Backlink dari sosial media

Backlink dari sosial media
Backlink yang diperoleh dari share article ke social media walau biasanya nofollow pun merupakan backlink yang saya rasa sangat berkualitas terutama dari google+ yang merupakan kepunyaan google, selain memperoleh backlink berkualitas anda juga memperoleh ribuan pengunjung dari g+. bisa juga menggunakan sosial media facebook dan lain-lain




  • Sosial bookmark

Sosial bookmark
Ide awal situs social bookmarking adalah agar memudahkan user untuk menyimpan URL atau link dari situs yang mereka sukai agar mudah di cari ketika ingin membuka kembali. Pada perkembangannya, situs social bookmarking banyak sekali digunakan oleh pelaku SEO untuk membantu mempopulerkan sebuah halaman website di Search Engine. Backlink dari social bookmark cukup berpengaruh terutama social bookmark yang memiliki page rank tinggi dan bersifat dofollow, jadi anda bisa memasukan url artikel anda di social- social bookmark terbaik.

Sosial bookmark indonesia yang paling sering saya gunakan:
  1. infogue.com
  2. lintas.me
  3. socialbookmark-indonesia.com


  • Backlink dari blog .Gov dan .Edu

Backlink dari blog .Gov dan .Edu
Backlink dari blog dengan domain .Gov dan.Edu dianggap merupakan backlink yang sangat disukai google, Blog dengan domain edu (pendidikan) dan Gov (pemerintahan), maklum saja untuk mendapatkan backlink yang satu ini sangat sulit. anda bisa berkomentar pada situs tersebut atau memposting pada situs tersebut dengan cara mendaftar terlebih dahulu.Academia.edu merupakan salah satu situs edu populer indonesia.



  • One way Link

One way Link
Dalam bahasa indonesia dapat di artikan Link satu arah, Mengapa meski satu arah? Sebenarnya google membenci sistem tukar link yang bersifat Two way Link atau dua arah, untuk memperoleh One way Link yang berkualitas anda bisa membeli di penyedia jasa backlink murah atau dengan meninggalkan komentar serta membuat backlink ke blog dari blog dummy bisa juga menggunakan sosial bookmarking.



  • Web directori

Web directori
Tidak jauh berbeda dari social bookmark blog directory yang memiliki page rank tinggi pun akan sangat berpengaruh terhadzap popularitas blog anda, yang membedakannya di web directory anda biasanya hanya diminta memasukan url blog anda atau url feed blog anda.



  • Artikel Direktori

Artikel Direktori
Artikel direktori seringkali digunakan untuk kegiatan marketing dan membangun backlink. Anda dapat membangun backlinks dari situs artikel direktori dengan cara membuat artikel berkualitas lalu disubmit ke situs-situs artikel direktori. Banyak artikel direktori yang sudah sangat terkenal, seperti Ezinearticles.com,Articlebase.com, dan lain-lain, sedangkan untuk bahasa Indonesia seperti cuitcuit.com,artikeloke.com.


  • Backlink dari blog dofollow yang relevan

Backlink dari blog dofollow yang relevan
Anda bisa mendapatkan backlink dengan cara Meninggalkan komentar yang disertai link baik di bagian identitas menggunakan (name/url) maupun dengan link aktif dikomentar, anda bisa mengisi kotak url dengan url blog sesuai dengan niche atau kategori blog Anda. perlu diingat, cara yang satu ini jangan terlalu banyak digunakan, agar tidak dianggap sebagai spam.





  • Backlink Melalui situs Press Release
Backlink Melalui situs Press Release
Backlinks dari situs-situs press release adalah backlinks yang berkualitas, selain itu press release sangat berpotensi memberikan trafik pada web atau blog Anda. Kalau saya perhatikan di Indonesia belum begitu populer dalam menggunakan press release untuk promosi website dan untuk kegiatan membangun backlinks, biasanya hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Berbeda dengan di luar negeri, situs-situs press release ini sangat sering digunakan untuk kegiatan promosi dan membangun backlinks website, baik itu untuk perusahaan kecil, menengah, dan perusahaan besar.

  • Menjadi Guest Blogger
Menjadi Guest Blogger
Menjadi guest blogger di sebuah blog yang sudah populer adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk membuat blog Anda juga ikut populer. Anda bisa menjadi penulis di blog orang lain tentunya atas ijin si pemilik blog lalu Anda memposting artikel yang baik dan sesuai dengan topik yang ada di blog tersebut. Pada bagian biografi penulis Anda bisa memeperkenalkan diri dan juga memasang backlink menuju blog Anda, cara ini memiliki keuntungan sekaligus yaitu backlink dan visitor. tapi sekarang ini sangat sulit mencari blog yang menyediakan guest blogger.

  • Melalui Forum Signature
Forum Signature
Saat ini banyak sekali forum-forum yang bisa Anda temukan di internet, mulai dari forum para gamers, publisher, sampai forum para pengusaha. Salah satu forum yang sangat terkenal adalah kaskus.co.id, berbagai topik dibahas di forum ini. Memasang link menuju web atau blog Anda di bagian signature tentunya akan memberikan keuntungan buat Anda, yaitu backlink berkualitas dan juga visistor dari forum tersebut.


Beberapa forum yang mengijinkan signature link dan dofollow:
Sebenarnya masih banyak lagi cara membuat backlink dofollow berkualitas tidak bisa di bahas dalam satu artikel,, mungkin lain Kali saya bakal update lagi cara membuat backlink dofollow berkualitas


Sekian dari Saya,
Thanks Udah Mampir..
Semoga Bermanfaat Sobat Master SEO ^_^
Jangan Lupa Tinggalkan Komentar..

Dan Bagikan Artikel ini di Facebook, Twitter, Google+ Anda ya agar terus update.. Terima Kasih..