Tips & Trik Pokemon Go Yang Belum Tentu Kamu tau


Nah, Mamang sendiri ikutan nyicip game yang ngandelin GPS dan Augmented Reality ini karena emang rasanya kudu banget. Apalagi Mamang kan udah terlajur gede bareng Pokemon dengan mainin semua serialnya di Game Boy. Nah, kedepannya Mamang bakalan kasih kalian banyak tips yang berguna banget, dan here we are, tips and trik Pokemon Go Part.1
Milih Pikachu? Bisa…
pikachu-pokemon-goBuat yang pertama banget login di game ini, Professor Willow bakalan ngasih kalian 3 pilihan Pokemon. Ada Charmander, Bulbasaur dan Squirtle. Jangan buru-buru milih dulu guys, soalnya diem-diem kita bisa milih Pikachu lho! He eh, beneran, ngga boong ini.
Caranya, pas di layar pilihan 3 Pokemon tadi, ketimbang kalian milih satu diantara 3 Pokemon tadi, baiknya kalian jalan kaki ngejauh dari mereka (dengan jalan kaki beneran pastinya) sampe di GPS keliatan kalo kalian keluar dari zona pilihan Pokemon. Nah, begitu keluar dari zona pilihan, nantinya 3 Pokemon tadi bakalan ilang dari layar dan muncul lagi (respawn). Tapi, kali ini ada ekstra, yup! Ada Pikachu ikutan nongol. Kalo kalian lakuin cara ini dan ngga berhasil, coba ulang cara ini dengan jalan keluar zona dan bikin mereka respawn lagi. Kalo ngga berhasil juga, ulang lagi… itung-itung jogging dan barangkali ngga sadar udah jalan sampe Batam.
Pokemon nongol berdasarkan waktu dan habitat
Pokemon-go-placesJangan bete kalo kalian cuma ketemu Ratata atau Doduo mulu, bisa jadi itu karena kalian belum paham mekanisme hunting di Pokemon Go. Ternyata, kalian bisa eksplor varian Pokemon lainnya di waktu yang berbeda. Misal kalo di pagi dan siang hari emang bakalan banyak Pidgey berkeliaran, tapi kalo malem bisa jadi Pidgey ngga muncul dan justru mulai banyak Gastly bergentayangan. Kalo di tempat Mamang, pagi hari banyak Doduo, malemnya banyak Dodrio (mungkin pas malem pada evolusi karena lelah menunggu ngga ditangkep-tangkep).
Oiya, yang keren dari game ini, selain waktu, tempat juga berpengaruh lho guys. Entah gimana cara tim Niantic develop ini semua, tapi anehnya kita bener-bener bisa nemuin Pokemon berdasarkan karakter tempat kita hunting-nya. Kalo lagi di danau, kita bisa nemuin Goldeen, Magikarp, dan Pokemon sejenis lainnya. Kalo kita ke taman, bakalan banyak Pidgey, Weedle dan Caterpie. Dan anehnya, lewat Tanah Kusir (kuburan), beneran banyak Gastly dan Haunter. Hmm… kalo ke gedung DPR, bakalan banyak Pokemon jenis apa ya? Rattata kali ya? #eh
4 Hal Kudu Tau Pas Nangkep Pokemon
Pokemon-go-curveballWarna lingkaran: Pas kalian ketemu Pokemon liar, mungkin kalian bertanya-tanya apa maksud lingkaran bergerak yang warnanya ijo atau orange di badan Pokemon itu. Warna ijo artinya Pokemon itu termasuk cemen alias gampang ditangkep karena CP-nya ngga gede-gede banget. Warna orange, artinya Pokemon ini rada tengil dan bisa jadi Pokeball kalian dihempas manja sama itu Pokemon. Dan terakhir, ada warna merah yang artinya itu Pokemon kelas berat, bisa jadi legendary atau Pokemon dengan CP gede.
Ukuran lingkaran: Kalo kalian udah paham warnanya, kalian kudu paham apa maksud lingkaran itu berubah-berubah ukuran. Intinya itu semacam indikator target. Semakin lemparan kalian tepat ngenain Pokemon pas lingkarannya mengecil, artinya kesempatan kalian dapetin Pokemon itu makin besar. Kalo lemparan kalian ngepas, bakalan ada tulisan “Nice” atau “Great” dan nantinya kalian dapet rejeki bonus 50 XP.
Curve Ball: Mau dapet extra XP lagi? Kalian kudu coba gaya lemparan lain. Kali ini jangan asal lempar begitu aja, tapi coba puter-puter dulu Pokeball-nya sampe kalian nemuin animasi bintang-bintang. Cara ini lebih susah sih, tapi kalo berhasil kita bisa dapet bonus XP dengan nama “Curveball Bonus”. Lebih asyik lagi kalo kalian puter-puter Pokeball-nya sambil kayang, pasti sensasi nangkep Pokemon-nya dapet banget.
Razz Berry: Beberapa dari kalian mungkin ngga sadar kalo di Items kalian ada Razz Berry. Item ini cuma bisa aktif dan dipake kalo lagi berhadapan sama Pokemon liar. Intinya, Razz Berry adalah item yang berguna untuk memperbesar kemungkinan kita dapetin Pokemon itu. Biasanya untuk Pokemon yang indikatornya warna kuning atau merah. Kalo masih ijo-ijo mah, ngga perlu pake item ini, tinggal happ aja.

Augmented Reality = Boros Batere
pokemon-go-augmented-realityLagi kalem-kalem mantengin peta, tetiba ada penampakan Pokemon liar. Otomatis tampilan hape nampilin kamera dengan mode AR ang aktif supaya terkesan Pokemonnya ada di depanmu di dunia nyata. Tapi, sebenernya sensasi visual macam gini tuh makan batere lho guys.
Kalian bisa matiin mode AR ini dengan klik button AR di kanan atas pas lagi berhadapan sama Pokemon. Begitu di klik, seketika layar langsung berubah tampilan dari kamera menjadi tampilan kartun (background-nya macam di kebon pisang gitu deh). Emang sih ngga terlalu greget jadinya, cuma lumayan lho buat irit-irit batere. Takutnya hape keburu mati pas gebetan kalian nelpon-nelponin, mau nanti diputusin gitu aja cuma gara-gara pokemon?

PokeStops dan Pokemon Liar Restart itungan menit
PokestopsBarangkali kalian ada yang belum paham cara akses PokeStops, nih mamang kasitau dulu. Di peta kalian bakal nemu banyak tempat-tempat disekitar kalian yang menjelma menjadi PokeStops (yang indikatornya kubus warna biru), dimana kalian bisa dapetin reward Pokeball dan item-item lainnya secara free. Pas kalian nyamperin PokeStops-nya, nanti icon PokeStops kubus biru itu bakalan berubah animasinya sebagai tanda kalian udah bisa akses dan klaim hadiahnya. Cara klaimnya, tinggal klik dan swipe berulang-ulang di foto tempat itu sampe muncul item-item gratisannya.
Nah, kalian ngga perlu takut PokeStops bakalan expired dan cuma bisa kalian klaim sekali sehari atau bahkan sekali seumur hidup, karena ternyata, setiap sekitar 4-5 menitan sekali PokeStops bakalan reset dan bisa kalian klaim lagi hadiahnya (farming). Begitupun juga Pokemon-pokemon yang udah kalian tangkep.
Yup betul, kalo mau banyak Pokeball dan kebetulan kalian emang niat, sok aja atuh tongkrongin PokeStops berjam-jam, bawa kursi kecil kalo perlu, buat panen PokeBall. Oiya, teori ini bisa juga kalian lakuin untuk nyari Pokemon Candies buat evolusi.

Makin Kece PokeStops-nya, makin kece juga klaim item-nya
pokestops-2Tadinya mamang ngga percaya kalo Niantic sebegitunya bisa tau mana landmark yang wah dan mana yang engga, terutama di Indonesia. Tapi setelah riset dan main secara intens berhari-hari, ternyata beneran terbukti. Semakin mewah tujuan PokeStops kamu, hadiahnya makin bagus. Di daerah Jakarta Pusat, kalau PokeStops-nya sekedar tugu batas wilayah aja, biasanya bakalan dape 3-4 Pokeball, tapi kalo landmark-nya patung megah, kesempatan dapet 6-7 Pokeball plus telor Pokemon makin besar. Hmm… mudah-mudahan rumah para juragan telor jadi PokeStops ya, kali-kali kan dapet telor langsung 10 biji.

Di Peta ada daun berterbangan? 
pokemon-leafesJangan salah ngira kalo liat animasi dedaunan di peta, itu bukan sekedar animasi penghias belaka lho guys, tapi animasi daun semriwing-semriwing itu adalah indikator kalo ada Pokemon liar lagi mejeng dan siap ditangkep di dearah itu. Jadi, kalo liat ada animasi daun ini, jangan dicuekin, langsung merapat ajak trainer lain. Kalo kamu untung kan bisa ketemu Pokemon langka, kalo apes paling ketemu sama ocong.
Supaya Lebih Hemat Batere, Begini Caranya
Pokemon-go-batteryYang udah nyicip game ini, pastinya tau banget kalo Pokemon Go adalah game yang super duper makan batere. Selain karena GPS aktif, game ini cenderung kudu aktif terus-menerus. Yup, game ini cuma merespon kalo lagi aktif dilayar, ngga ada pilihan untuk aktif secara background atau aktif pas smartphone dalam mode “Sleep”.
Untungnya, di Setting aplikasi Pokemon Go, ada pilihan Battery Saver. Fungsinya sebenernya simpel. Fitur ini bakalan matiin layar hape pas lagi kita kantongin. Cara lainnya, kamu bisa minimalin penggunaan aplikasi lain, kurangin brightness layar, atau kalo mau bener-bener awet jangan dipake sama sekali hapenya.
So, sampe sini dulu ya tipsnya… inget, ini baru part 1 lho. Anyway feel free untuk kirim pertanyaan-pertanyaan seputar Pokemon Go ya, nanti mamang akan jawab di artikel selanjutnya secara mendalam. Buat yang lagi getol main, hati-hati ya guys jangan sampe kecopetan atau mulai berpindah dunia. Salam trainer Indonesia XD