12 Foto Penampakan Saat Gunung Kelud Meletus

Saat ini banyak beredar foto letusan Gunung Kelud di dunia maya Indonesia baik itu di forum-forum maupun melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, ataupun Instagram.

Dari banyak foto yang diunggah tersebut, beberapa di antaranya berhasil membuat heboh masyarakat karena dalam foto-foto tersebut disinyalir terdapat penampakan mulai dari wajah raksasa hingga lafadz Allah. 
Berikut beberapa objek menghebohkan yang muncul dan berhasil diabadikan dalam foto dan telah beredar di jagad maya Indonesia.

1. Penampakan Wajah Raksasa


Ada satu foto unik muncul di Facebook yang memperlihatkan gambar sebuah wajah mirip manusia terbentuk dari gumpalan abu vulkanik Gunung Kelud yang meletus Kamis malam (13/2) tepatnya pukul 22.50 WIB. 
Walaupun ada beberapa orang yang mempercayainya, akan tetapi tidak sedikit yang mengatakan bahwa itu hanya editan saja.

2. Penampakan Lafadz Allah



Menyusul foto wajah raksasa, juga beredar foto lafadz Allah yang terbentuk saat letusan abu vulkanik Gunung Kelud menyembur ke atas. 

Penampakan tersebut terlihat cukup jelas dikarenakan adanya pijar lava merah yang dimuntahkan Gunung Kelud.

3.  Penampakan Wajah Bertanduk


Selain itu, dari jepretan warga sekitar saat terjadinya letusan Gunung Kelud, juga terlihat sebuah penampakan menyerupai wajah dengan tanduk di atas kepalanya yang terbentuk dari gabungan abu vulkanik serta kilat yang menyambar di sekitarnya.

4. Penampakan Wajah Iblis


Selain itu, di jejaring sosial Youtube juga beredar video yang menunjukkan dua penampakan berupa wajah yang diklaim oleh pengunggahnya sebagai wajah iblis. 

Foto penampakan ini juga telah mendapatkan banyak komentar pengguna Youtube dari yang percaya hingga yang menyebutkan jika foto tersebut hanya hasil editan saja.?

5. Penampakan Wajah Menganga 


Foto terakhir tentang penampakan saat Gunung Kelud meletus adalah penampakan wajah menganga yang sudah beredar di salah satu Forum online terbesar di Indonesia. Dalam foto tersebut terlihat sebuah wajah yang sedang menganga dengan mata besar.

Akan tetapi, secara ilmiah dan apabila tidak ada unsur edit foto, hal tersebut merupakan suatu hal yang wajar. Karena, ada suatu istilah yang dinamakan Pareidolia.

Merujuk tulisan di Wikipedia, Pareidolia adalah sebuah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak (seringkali sebuah gambar atau suara) yang dianggap penting.
Jadi, ada kemungkinan (apabila memang tidak ada unsur edit foto di dalamnya) bahwa tampilan wajah yang terbentuk dari abu vulkanik Gunung Kelud tersebut hanyalah sebuah Pareidolia.

6. Penampakan Menyerupai Paruh Burung


Foto ini dikomentari oleh beberapa pembaca detik.com karena bentuknya yang menarik. Di bagian yang dilingkari, ada yang berasumsi mirip dengan paruh burung lengkap dengan matanya. Agan Setuju??

7. Penampakan Huruf A



Sejumlah pembaca detik.com sepakat untuk memuji foto kiriman Alif ini. Sebab dia menangkap bentuk yang sangat indah. Cahaya petir yang muncul dari dua sisi nyaris membentuk sebuah huruf A jika disandingkan dengan abu vulkanik.
8. Penampakan Bulu Domba 


Sekilas ada kemiripan gambar abu vulkanik ini dengan fenomena wedhus gembel di gunung Merapi. Sehingga, banyak yang mengatakan di bagian yang dilingkari mirip dengan bulu domba. Agan2 Setuju?? 
9. Penampakan Kepala Hewan
Di atas merahnya cahaya pijar, terdapat gumpalan abu vulkanik yang berbentuk hampir bulat sempurna. Bulatan itu mirip dengan kepala hewan, terutama yang berbulu lebat. Sebagian menilai mirip dengan kepala anjing atau kucing. Bagaimana dengan pendapat agan?? 
10. Penampakan Burung Hantu


Salah seorang reporter detikcom menganalisis foto ini dan menilai ada kemiripan di bagian yang dilingkari dengan kepala burung hantu. Gimana pendapat agan?? 

CARA MEMBUAT APLIKASI KAMERA SMARTPHONE TEMBUS PANDANG TERBARU